Cari Artikel Lain

Senin, 18 Mei 2009

Pengendalian Penjualan dan Persediaan (Bagian 1)

Tujuan utama dibuka sebuah toko adalah untuk berjualan. Oleh karena itulah hal ini menjadi bahasan pertama saya mengenai pengendalian toko. Apa dan bagaimana tentang pengendalian Punjualan dan Persediaan ?
- Pengendalian Penjualan.
Apa saja yang harus dikendalikan dalam penjualan dan mengapa? Sebagai seorang penjual, Anda harus sering menempatkan diri Anda sebagai konsumen yang akan berbelanja. Apa yang ingin Anda dapatkan dari penjual adalah sama dengan hal yang diinginkan oleh konsumen kepada Anda. Jika Anda menginginkan bahwa suasana berbelanja nyaman, maka konsumen Andapun sudah pasti menginginkan juga. Anda dapat membayangkan jika Anda berbelanja pada sebuah toko dimana toko tersebut panas, lantainya kotor, barang di raknya berdebu serta pelayanannya lambat dan tidak ramah. Apakah Anda akan kembali berbelanja ditempat tersebut, sedangkan ditoko sebelah lebih sejuk, barangnya rapi dan tertata serta bersih, pelayanannya cepat dan memuaskan walaupun harganya sedikit lebih mahal. Mana yang akan Anda pilih?
Saat ini dimana persaingan usaha minimarket, konsumen bebas memilih dimana mereka akan berbelanja. Tidak ada yang mengikat dan mengharuskan mereka berbelanja di tempat tertentu. Jadi kendalikan nilai jual toko Anda untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Buat mereka selalu nyaman dan mendapatkan lebih dari yang mereka harapkan. Buatlah transaksi penjualan Anda secepat mungkin, jika ada dana lebih usahakan gunakan komputer dan sistem barcode untuk mempercepat transaksi penjualan Anda.
- Pengendalian Persediaan
Konsumen datang ke toko adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka menginginkan barang yang menjadi kebutuhan mereka. Usahakan barang dagangan di toko Anda tidak sampai kosong dan segera penuhi barang-barang yang kosong tersebut. Jika barang dagangan di toko Anda sampai kosong dan tidak terdapat barang pengganti yang dipilih konsumen, maka kemungkinan besar mereka akan membeli di kompetitor Anda. Jangan remehkan hal ini, karena saat mereka berbelanja pada kompetitor Anda dan mendapatkan kesan baik, maka bisa dipastikan mereka tidak akan berbelanja kembali di toko Anda. Pilih barang yang paling sering dibutuhkan oleh konsumen-konsumen Anda, pelajari pola belanja mereka dan sediakan segala kebutuhan mereka saat mereka membutuhkan.
Lihat masyarakat disekitar lokasi toko Anda. Mereka adalah target pasar Anda. Jika Anda dapat mempelajari dan menyediakan apa yang mereka butuhkan, maka mereka akan memberikan uang mereka untuk Anda.
Pada dasarnya, pengendalian penjualan dan pengendalaian persediaan tidak dapat dipisahkan. Transaksi penjualan terjadi karena ada persediaan, dan persediaan dapat disesuaikan dengan data penjualan. Nantikan pengendalian lainnya yang akan saya ulas pada kesempatan berikutnya.
Andrie Baskara