Cari Artikel Lain

Minggu, 26 April 2009

Bagaimana memulai usaha toko

Banyak orang yang bingung bagaimana memulai sebuah usaha penjualan. Apapun bentuk, konsep dan barang yang dijual, pada dasarnya tahapan untuk memulainya adalah sama (CMIIW). Kebetulan saya bekerja di jaringan besar minimarket di Indonesia, dan beberapa langkah yang biasanya diambil yaitu :
- Menentukan segmen pasar yang akan digarap.
- Survei lokasi / tempat usaha.
- Menentukan konsep yang akan dipakai.
- Mencari supplier
- Mengadakan promosi pra opening toko
- Opening toko
Untuk tahap awal saya rasa hal yang saya utarakan diatas sudah cukup. Selanjutnya hanya pengembangan dari owner untuk mengambangkan sesuai dengan kondisi yanag ada. Usahakan selalu ada promosi yang selalu berganti, kenyamanan belanja dan kecepatan transaksi demi kepuasan pelanggan. Buat sistem pembukuan yang sederhana dan mudah digunakan dan dimengerti oleh
karyawan. Jika ada dana lebih saya sarankan gunakan sistem komputerisasi yang handal untuk menunjang usaha dan beberapa karyawan yang kompeten serta dapat dipercaya. Jika telah memutuskan untuk menggunakan software, usahakan menggunakan untuk meminta garansi dari jasa programer minimal 1 bulan. Biasanya software setelah berjalan 1 - 2 bulan dan tidak terjadi error, seterusnya akan jarang terjadi error. Setelah usaha berkembang dan telah berdiri beberapa gerai, buatlah training atau semacam pelatihan kepada karyawan. Ada banyak outsourcing yang memberikan jasa tersebut dengan harga yang bervariasi.

Jika Anda membutuhkan software untuk toko, Anda dapat menghubungi saya untuk konsultasi.

Andrie Baskara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar